Pak Bas Pastikan Tol Akses Patimban Tinggal Penetapan Pemenang Proyek kemudian Konstruksi : Okezone Economy

Berita66 Dilihat

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa lelang proyek jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban sudah dalam tahap penetapan pemenang.

“Untuk proyek Tol Akses Pelabuhan Patimban sudah lelang, tinggal penetapan pemenang kemudian mulai konstruksi,” ujar Basuki, dikutip dari Antara.

Pembangunan jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban dibangun sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk memperkuat area jaringan jalan yang terhubung ke Kawasan Pelabuhan Patimban, dalam upaya mempermudah aktivitas angkutan logistik.

Maka, tujuan dari pembangunan jalan tol ini mampu meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang hingga Cikampek menuju Pelabuhan Patimban.

Adapun total panjang jalan Tol Akses Patimban yakni 37,05 km dan nantinya terkoneksi dengan Jalan Tol Cikampek – Palimanan di sisi Selatan dan terkoneksi dengan Pelabuhan Patimban di sisi Utara.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


Terdapat 5 seksi, yaitu Seksi 1 Junction Cipeundeuy – Simpang Susun (SS) Cipeundeuy (2,65 Km), Seksi 2 SS Cipeundeuy – SS Pasir Bungur (10,06 Km), Seksi 3 SS Pasir Bungur – SS Tambak Dahan (16,10 km), Seksi 4 SS Tambak Dahan – SS Pusakanegara (7,11 Km), dan Seksi 5 SS Pusakanegara – Patimban (1,13 Km).

Dijelaskan juga, jika progres PSN jalan tol lainnya yakni Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang yang ditargetkan selesai pada tahun depan.

“Untuk Tol Serang – Panimbang ditargetkan selesai pada tahun depan,” jelas Basuki.

Sementara itu, Basuki menyampaikan bahwa pembebasan lahan untuk Tol Semarang – Demak, yang juga merupakan salah satu PSN jalan tol akan dilaksanakan saat ini.

Baca Juga  Harga Emas Semakin Anjlok, Hari Ini Turun 0,45% Jadi USD1.935 Ounce : Okezone Economy

“Pembebasan lahannya baru dilakukan sekarang, di mana yang tadinya lahan untuk tol tersebut adalah tanah musnah menjadi tanah tidak musnah. Sekitar 40 persen pemilik lahan yang siap melakukan reklamasi, setelah itu lahan mereka dilakukan proses penaksiran atau appraisal,” katanya.

Baca Selengkapnya: Menteri Basuki: Tol Akses Patimban Tinggal Penetapan Pemenang Proyek kemudian Konstruksi

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *