QRIS Bisa Digunakan di Singapura Mulai Hari Ini

Berita87 Dilihat

Bank Indonesia atau BI memulai uji coba interkoneksi pembayaran antar negara Indonesia dan Singapura dengan QRIS hari ini, Kamis (17/8).

Ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama pembayaran berbasis kode QR antar negara antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada tahun lalu.

Konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antar negara secara lebih efisien, khususnya bagi Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). Selain itu, konektivitas ini juga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

“Uji coba ini akan melibatkan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia atau ASPI, Network for Electronic Transfers – Singapore (NETS), dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan tertulis, Kamis (17/8).

Ke depan, BI berkomitmen untuk terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk pemerintah pusat dan daerah, pelaku industri, serta masyarakat. Hal ini dilakukan terutama untuk memperluas penggunaan QRIS dengan didukung pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan, serta perluasan kerja sama di dalam negeri dan lintas negara.

Pada hari yang sama, BI juga meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS TUNTAS.

Implementasi QRIS TUNTAS bagi Penyedia Jasa Pembayaran atau PJP yang telah siap mengembangkan fitur ini dilakukan paling cepat 1 September 2023 dan paling lambat 30 November 2023.

Fitur QRIS TUNTAS memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan transfer dana antar pengguna QRIS, tarik tunai, dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Cash Deposit Machine (CDM) atau agen QRIS TUNTAS.

Hal ini yang membedakan dengan fitur QRIS sebelumnya yang hanya untuk melakukan pembayaran.

Baca Juga  Bicara AI, Presiden Jokowi: Sangat Penting untuk Ekonomi Indonesia : Okezone Economy

Untuk cara menggunakan fitur QRIS TUNTAS, pengguna dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar PJP bank dan lembaga selain bank yang dapat memfasilitasi sumber dana. Sumber dana yang dimaksud dapat berupa simpanan bank maupun uang elektronik berbasis server.

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *